Cabe Rawit

Dijamin Kagak Pedes & Sangat Ilmiah

Malu Atuh Ama Blogger Arab & Myanmar…!

Posted by Cabe Rawit pada Februari 6, 2008

Gantung DiriPostingan perdana ane kali ini -soalnya postingan yang kemaren sekedar perkenalan doang- mau sedikit nyorotin blogger WP yang bunuh diri belom lama ini. Ane kagak perlu bilang blogger mana atawa siapa yang ane maksud. Ane kagak mau nge-ghibah orang!!! Soalnya ustadz ane bilang kalo nge-ghibah itu sama artinya makan daging mayat sodara sendiri.

Jadi,  biar kata ente-ente semua pada maksa ane, sampe ngalungin golok si Gobang ke leher ane punya, ane kagak bakalan bilang kalo yang ane maksud salahsatunya adalah Antosalafy yang juga sering disebut Anto Maulid.  Sorry aja, ane orangnya istiqomah ama prinsip. Sekali ane bilang kagak, ya kagak…👿

Ane juga kagak akan ngulas sabab-musabab kenapa blogger WP ini bunuh diri. Ane yakin ente kebanyakannya udah pada tau. Banyak yang akhir-na ngerasa ikutan punya andil jadi sabab bunuhnya diri itu blogger, misalnya Retorika, Wak Abdul Somad, Aswaja, Ibnu Abdul Muis Amed, ama beberapa blogger laennya yang ane masih lupa nama ama alamat blog-na.:mrgreen:

Buat yang ikutan ngerasa bedosa, ane saranin cepetan bertobat, karena selama malaekat maut belon dateng ngejemput ente punya nyawa, pintu tobat tetap terbuka….

fouadmasnet.jpgAne cuma mau bilang, kalo kritikan atawa serangan verbal dari blogger laen ama kita kagak pantes dijadiin alesan kita bunuh diri, itu sama aja nunjukin kalo mental kita mental tahu. Coba berkaca ama blogger Arab, Fouad al-Farhan (32 tahun), yang ngejadiin blog sebagai pangkalan buat nyampein pandangan-pandangan politiknya, ngeritik pemerintahan otoriter Arab Saudi,  dan ujung-ujungnya Akhi mas Fouad kudu berurusan ama pihak berwajip kerajaan Saudi-Wahaby. Ente bisa baca beritanya lebih lengkep di sini.

biksu_myanmar-ngenetafp300.jpgAtawa blogger populer Myanmar, Nay Phone Latt (kalo di sini mungkin sepopuler Hoek Soegirang, Antobilang, Guhpraset, cK StuffPadepokan Budi Rahardjo, dan tentunya sebentar lagi ane )  yang juga “dibungkam” ama junta militer laknatullah lantaran postingan-postingan di blog-na. Blog  si Nay Phone Latt (nama ini kalo artinya “Si Nay yang kalo disuruh cepetan nelepon suka telat”. Ah… garing kan???:mrgreen: )  isinya mengulas kehidupan sehari-hari di Myanmar dan menjadi forum buat diskusi soal politik, sosial dan budaya. Nay Phone juga banyak ngomong soal sulitnya kehidupan sehari-hari di Myanmar ama meningkatnya biaya hidup. Ia nulis blognya pake bahasa Burma bergaya novel. Kalo penasaran silahkan klik di sini.

Akhi Fouad ama Nay adalah contoh blogger yang punya mental baja. Jangan kata  cuma diserang ama blogger laen, dibunuh karakternya, dilecehkan atawa dihina-dinakan… Resiko ditangkep pun mereka siap. Mungkin karena mereka punya prinsip memperjuangkan kebenaran. Engkong ane bilang, kalo orang yakin ama yang diperjuangkannya, itu orang bakalan siap ngadepin resiko apapun, mati pun kagak takut. Lagian, segimana rasanya sih dilecehkan, dihina, direndahkan, dibunuh karakter ama blogger laen? ketemu orangnya aja kagak? Cuek aja lagi bro…

Nah, buat kita para blogger di Endonesa… wabil khususnya buat yang udah kadong bunuh diri, apa kagak malu ama blogger Arab & Myanmar?

Catetan biar kentara lebih jelas:

  1. Yang dimaksud bunuh diri, yaitu mematikan blog-na sama sekali. Biasanya diawali pake acara pamitan, minta pendapat atawa pengumuman mau bunuh diri. Jadi yang pindah tempat, hiatus, atawa kagak mosting lagi alias gak nge-up-date, kagak masuk kriteria yang dimaksud.
  2. Alasan bunuh dirinya, karena terlibat konflik non-verbal di blog atawa adu “mulut”, Bukan karena alasan laen. Tapi lebih karena ngerasa disudutkan ama blogger laen.

Salam pedes dari ane…

 

44 Tanggapan to “Malu Atuh Ama Blogger Arab & Myanmar…!”

  1. itikkecil said

    itu kan pilihan…. kalo memang sudah gak nyaman lagi ngeblog dan mau mematikan blognya itu pilihan yang bersangkutan.

  2. papabonbon said

    perlu juga sih, dormant buat kembali menjadi manusia yg lebih baik.

  3. cK said

    kalo bunuh diri karena bosan ngeblog gimana?😕

    saya sendiri belum tahu sampai kapan saya akan terus ngeblog.🙄

  4. Cabe Rawit said

    ) Itikkecil
    Emang bener pilihan, yang jadi pertanyaannya cuma soal motif. Kalo motif bunuh dirinya karena kagak kuat diserang ama blogger laen…? Kaya-na terlalu rendah begitu.:mrgreen:

    ) Papabonbon
    Dormant apaa ya Papa?😯

    ) CK
    Itu beda mpok… Kalo bosen ya kagak perlu ampe dibunuh. Hiatus aja dulu kenapa… Barang setaon dua taon gitu… abis gtu balik lagi:mrgreen:
    Ane doaian mpok terus ngeblog ampe ajal menjemput…!

  5. Darwin said

    Beneran euy, si Antosalafy gak punya malu. Mental tempe! Hobinya nyerang orang, sekali diserang tumbang.

  6. erander said

    Seingat saya, fenomena itu dimulai dari blog-nya wadehel. Kemudian menginspirasi yang laen-nya.

    Selain Arab dan Myanmar, ada juga blogger China, Zhou a.k.a Zola, blognya – Zhou Shuguang’s Golden Age, yang dibaca 20.000 orang tiap hari (info TIME, 4 Feb 2008) : “The lack of democracy in China can be traced to the lack of press freedom. That’a why I [tried] to do journalism outside the system”

  7. hohohoho…
    emang sih, seharusnya bloger itu tau resikonya ngeblog. ndak cuma yang seneng-seneng ajah (fofularitas, duid, dsb) tafi bisa juga dihujadh, dilaknadh, dsb.
    Nah, skali lagi, seferti yang sudah-sudah, hal itu tergantung dari niat fertamax bloger tersebudh, dia ngeblog buadh afaan.
    kalo cuma buadh have fun ajah, tafi malah kena damfradh, jelas aja lansun kiudh…😈

  8. para bloger yang sengaja bunuh diri itu saya yakin juga punya argumen, kok, ndak asal latah. bisa jadi dah pindah ke rumah lain, mengutamakan kerja, atau tskut blog jdi candu. biarkan saja mas cabe mereka bunuh diri. itu juga hak mereka kok. *halah*

  9. Cabe Rawit said

    ) Darwin
    Emang ane ngomongin Antosalafy ya…???🙄
    *pura-pura bingung*

    ) Erander
    Makasih infonya Bang erander…🙂

    ) Hoek Soegirang
    Iyah, segala sesuatunya tergantung niyat Om Hoek… Mhuehehehe

    ) Sawali Tuhusetya
    Iya juga sih Pak… Tapi… *maksa*:mrgreen:

  10. sitijenang said

    sebetulnya kan ditinggalin aja cukup. kalo dihapus kan gak bisa jadi bahan pelajaran generasi berikutnya *haiyah*:mrgreen:

  11. qzink666 said

    Saya aja tadinya udah wafat lho.. Tapi berhubung sekarang lagi jadi pengangguran, ya akhirnya ngeblog lage, he he he..

  12. lahapasi said

    heheheh,klo saia belum lama lahir,dan belum pengin mati..

  13. bank_al said

    bisanya orang yg ngancem bunuh diri itu karena butuh perhatian tuh.

  14. nixfar said

    Wah….. kalo “kasus” bunuh diri blog sih udh umum…..

    Mungkin ada yg merasa bosen nge-blog ato juga ada yang merasa terpojokkan oleh hujatan2 massa:mrgreen:

  15. Tapi … saya punya kawan yang hidupnya menjadi susah karena gara-gara blognya. Ada orang-orang yang tidak suka (entah kenapa) dengan blognya sehingga melakukan hal-hal yang berlebihan (melanggar privasi, menurut saya). Akibatnya pemilik blog itu merasa tertekan.

    Bagi yang belum pernah merasakan terjepit dalam posisi itu mungkin akan mudah mengatakan cuek saja. Setelah mengetahui lebih jauh, memang ternyata berat bagi yang bersangkutan. Saya bisa merasakan kesedihan yang dialaminya.

    Mohon maafkan jika memang dia terpaksa berhenti nge-blog.

  16. @ cabe rawit

    bukan merasa berdosa sih … merasa sukses iya😆

    Buat blogger, Arab dan Myanmar, salut sih salut, tapi mendingan sebelum ribut sama government harusnya dia keluar negara tersebut dulu… amanin fisiknya dulu gitu😀

  17. Ngeblog ya pilihan,
    Gitu juga ngga ngeblog,
    Semuanya tentunya punya alasannya masing- masing,
    Salam,

  18. Cabe Rawit said

    ) Sitijenang
    Bagusnya begitu Pak Siti… Biar jadi jejak situs purbakala Blog *haiyah*

    ) Qzink666
    Jangan sampe gagal dalam semua hal. Biar kaga kagak sukses dalam pekerjaan, studi, rumahtangga, tapi usahakanlah sukses dalam ngeblog. Demikian nasihat ane kali ini…
    *dilempar*

    ) Lahapasi
    Sama donk!!!:mrgreen:

    ) Bank_Al
    Semacem cari perhatian dan kasih sayang kah?🙄

    ) Nixfar
    Kalo bosen pan kagak usah sampe dimatiin Nix, seperti kata Pak Sitijenang gitu…

    ) Budi Raharjo
    Ane maafkan lahir batin, plus ane doain semoga yang bunuh diri diterima amal ngeblog-na. Amin🙂

    ) RETORIKA-100DS
    Biang bunuh diri nongol…!👿
    Selamet…selamet… Yak!
    *baca mantra ngusir sial*

    ) Rumahkayubekas
    Iya…iya, tapi kan…:mrgreen:
    salam juga.🙂

  19. Landy said

    ana gak bisa komen, jadi ketawa terus dari tadi

  20. regsa said

    ngeblog adalah pilihan begitu juga tidak ngeblog dan untuk berhenti ngeblog ..🙂

  21. ranywaisya said

    Kalo org bunuh diri langsung msk neraka!
    Kalo blogger bunuh diri…?

  22. Waduh bro’ maap-maap aji ni ye. Ane cuma kasih pandangan doang kok. Kalo akhirnya beliau emosional itu du luar tanggung jawab ane, sumpEh merepEh deh. :mgreen:

    Padahal, kalo beliau sabar khan beliau sendiri yang untung.

    Lah gimanE kagak untung, orang pahalanyE terus bertambah lantaran diomongin orang. Termasuk EntE juga mak’🙄

    WElcome di dunia blogger dech bro..😆

  23. maxbreaker said

    Wew, saya mah masih muda, lum kepikiran bunuh diri…
    Lo besuk saya bosen ngeblog paling blognya saya diemin, gag bakal saya hafuz.
    Soalnya sayang banged lo tulisan yang dah kita buad susah2 dihafus dari blantara blog-o-spere inih…

  24. Cabe Rawit said

    ) Landy
    Lha..lha… kok malah ketawa❓
    ini tulisan serius!👿
    *sembur randy pake aer jampi*

    ) Regsa
    Tapi kan…???🙂

    ) ranywaisya
    Kalo blogger bunuh diri, ya sama aja, masup neraka blog..:mrgreen:

    ) Ibnu Abdul Muis
    Biang bunuh diri kedua nongol…👿
    *bakar kemenyan, siapin sesajen 2 paket KFC*
    Makasih-makasih, udah mau kunjungan ke mari…

    ) Maxbreaker
    Tapi pan Max sebentar lagi mau tua, berarti mau bunuh diri sebentar lagi kan? Mhueheheehe

  25. Saya pernah meninggalkan blog. berselingkuh dengan alamat lain. Namun tetap saja saya comeback karena masih cinta blog saya. Kalau bunuh blog apalagi bunuh diri? Nanti dulu deh…😀

  26. Amed said

    Saya lihat, blognya ndak dimatikan kok…

    Kalau dimatikan, tulisan yg muncul:

    The authors have deleted this blog. The content is no longer available.

    Kalau yang muncul di sana:

    Blogs ini dilindungi, untuk melihatnya anda harus log in terlebih dahulu.

    Kalau memang beliau bilang mau membunuh, ya konsisten dong dengan omongannya. Kalau cuma nge-set private semua orang juga berani. Lagipula ini toh bukan pertama kalinya beliau ngeset private blog begitu. Dulu juga sudah pernah, medio akhir juli kalo ndak salah. Setelah blognya dikembalikan, semua komentar sudah diberangus tanpa kecuali, refresh!

  27. n0vri said

    eh serius? bener kalo si Antosalafy bunuh diri dari ngeblog?
    *maap, lama gak blogwalking sih*

  28. Lha, si Antosalafy itu penakut. Dia membuat blognya menjadi privasi. Dakwah terselubung begitulah.

    Sebenarnya saya juga termasuk “pembunuh” Antosalafy, meski nggak langsung.😕

    *Berdoa di rumah ibadah*

    Bisa dilihat mental orang Indonesia seperti apa..😉

    Tapi, blogger macam hoek itu kayaknya hanya menggunakan nama “bunuh diri” sebagai embel. Sebenarnya mereka pindah rumah, kok.:mrgreen:

  29. hildalexander said

    bunuh diri kok bilang-bilang….pake pamit mundur segala lagi….orang yang aneh….

  30. tonick said

    hihihih hantunya gentayangan lagi gak ya?

  31. […] from BoingBoing to Italy to Holland and Australia and in just as many languages: Spanish, Swedish, Bahasa, German and, assuredly, English; news came out in the days following Latt’s arrest that other […]

  32. ikhyx said

    yach…biasa ajalah….
    keknya menurt gwa gak perlu pake acara bunuh diri kek gitu…
    :-p

  33. henry said

    wah wah… yang pade sportif donk jadi blogger, jgn ngejatuhin temen sendiri donk ! qta musti pade kumpul n bersatu semua buat majuin blogger indonesia, ok !

  34. Tedy said

    wah sapa tau duit dia cekak jadi kagak sanggup ke warnet😀

  35. inimare said

    Lamlekomm,

    Tumben nich seriously, he eh ya Si cabe rawet ini umur berapa sich???koq masih kuliah apa udah ambil tesis???
    buat
    Tedy Berkata:
    Februari 26, 2008 pada 6:29 am
    wah sapa tau duit dia cekak jadi kagak sanggup ke warnet

    Aq setuju bgt ,kya aq ini duit pas-pasan( pas ke warnet cuma untuk 2 jam)jadi yach blogqu berantakan😛 .

    Wassalam

  36. Tedy said

    duit gw juga pas2an,…untung kampus ada fasilitas ngenet gratis…jdi bisa tiap hari ngenet tanpa bayar😀

  37. Amed said

    Permisi, kalau ada waktu dan sudi berkunjung, saya punya postingan dan beberapa pertanyaan yang butuh feedback & jawaban terkait sejarah Islam. Semoga bisa dibantu menjawabkannya. Terima kasih…

  38. abdulsomad said

    Assalamualaikum…
    emang saya terlibat gitu
    hehehe

  39. O-S said

    mampir ah

  40. antum ko g posting2
    bunuh diri juga ya?

  41. suci said

    ngBlog itu enak kok
    Q jg lagi bljar ngeBlog

  42. blackisred said

    well–sedikit kesenget rasa pedasnya cabe rawit😦
    karena kamren aku dah ngehapus blog aku yang satu lagi-bukan frustasi lalu bunuh diri,hanya prioritas atas nama persahabatan ma roya agar blog yang satu lagi (blackisred) nggak mati2 he he he

  43. ipang said

    hahahahahaa …lam kenal

  44. Wong Ndezo said

    salam…
    ane ikutan ngalap berkah dari antum semua..
    salam kenal

Tinggalkan Balasan

 
